Headline News

header-int

POLTEKPEL SUMBAR LATIH NELAYAN PESSEL

Jumat, 31 Jan 2020, 12:02:30 WIB - 141 | Admin Dishub
POLTEKPEL SUMBAR LATIH NELAYAN PESSEL

Dishub Pessel. Senin 20 Januari 2020 telah dilaksanakan acara Pembukaan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Tahap I oleh Direktur POLTEKPEL Sumbar yang diwakili oleh wakil direktur 1 dengan jumlah peserta 348 orang yang bertempat di Gedung KUD Sutra kecamatan Sutra.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini merupakan tindak lanjut dari Mou yang dibuat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan yg dalam hal ini dilakukan oleh Kadis  Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Direktur Poltekpel Sumatera Barat di Padang Pariaman.

Kerja sama ini sudah dimulai dari tahun 2018 dan berlanjut sampai saat ini. Untuk tahun 2020 ini direncanakan Nelayan yang akan dilatih sebanyak lebih kurang 1100 orang yang akan dilaksanakan tiga tahap pada dua lokasi yakni di Kecamatan Sutera dan Kecamatan IV Jurai.

Acara pembukaan ini langsung dibuka oleh kepala Bidang Administrasi Poltekpel Sumbar Bapak Dedy didampingi oleh Bapak Dwi dan Bapak Ardi. Dalam kesempatan tersebut juga hadir kepala OPD terkait yakni Kadis Perhubungan dan Kadis Perikanan Kab Pesisir Selatan serta Forkopimca Kecamatan Sutera  yakni Camat Sutera beserta Kapolsek.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan amanat undang-undang bahwa masyarakat Nelayan perlu dibekali ilmu dan keterampilan dalam bidang kecakapan membawa kapal (SKK) serta pelatihan dasar keselamatan (BST) bagi setiap individu nelayan. Poltekpel Sumbar mendapat tugas dari Kementrian Perhubungan untuk melaksanakan tugas tersebut. Antisipasi dini terhadap kecelakaan kerja sangatlah penting dilakukan karena dengan kewaspadaan dan melaksanakan prosedur kerja yang baik akan akan menghindari korban dalam pekerjaan. Kecacatan dan kematian sangatlah merugikan baik bagi individu, keluarga maupun perusahaan dan akan menurunkan produktifitas dan pendapatan. Oleh karena itu ilmu dan keterampilan ini sangat penting dipelajari oleh setiap anggota yang mengikuti pelatihan hari ini kata Bapak Dedy dalam sambutannya.

Selanjutnya Kadis Perhubungan selaku tuan rumah mewakili Bupati menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kerja samanya selama ini sehingga para nelayan pessel mendapatkan pelatihan dan keterampilan yang berkaitan dengan mata pencaharian mereka. Untuk biaya pelatihan nelayan ini sepenuhnya ditanggung oleh Kementrian Perhubungan RI melalui Poltekpel Sumbar.

Disamping itu pelatihan ini juga diikuti oleh operator boat wisata, mereka yang bertanggung jawab tentang keselamatan kapal dan wisatawan yang dibawanya. Tentu dengan pembekalan ini mereka akan memiliki kemampuan dan keterampilan sebagai operator kapal wisata yang akan melayani tamu-tamu dengan baik yang datang berkunjung ke kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan ini dilakukan selama empat hari dengan metode tatap muka di kelas dan pelatihan keterampilan dilapangan yakni dipinggir pantai. Diakhir pelatihan mereka akan diberikan dua sertifikat yakni sertifikat BST dan SKK. (gwn)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Perhubungan. Follow Me : Facebook Youtube